Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menentukan Topik Blog

 

Cara menentukan topik

Sebelumnya saya sudah menyinggung soal pentingnya konten bermanfaat dan berkualitas, yang menjadi modal utama bagi sebuah blog untuk bisa eksis.

Pada tahapan selanjutnya saya akan menjelaskan, Bagaimana menentukan topik blog yang menarik dan menjual ?
supaya blog kamu banyak didatangi oleh pembaca .

Sebenarnya jadi kebebasan tersendiri bagi blogger untuk menuliskan apa yang dia inginkan meskipun bebas, tapi sebagai blogger kamu wajib memikirkan dengan pasti konten apa yang akan jadi bahasan utama dari blog yang dimiliki ?

Karena topik inilah yang akan menjadi identitas atau ciri khas blog kamu. Tujuannya agar pembahasan blog tetap konsisten dan tidak lari kemana-mana.

Bagaimana cara menentukan topik konten yang menarik dan pas untuk blog kamu?

Cara yang paling mudah adalah cari tahu apa yang kamu sukai, adakah hobi atau interest yang mau kamu jadikan konten. travelling, fashion, dan lainnya. Atau mungkin pengalaman pribadi atau hal-hal lain yang ingin kamu bagikan dan kamu rasa bermanfaat untuk pembaca yang disukai.

Karena menyenangkan membahas atau mengerjakan sesuatu yang memang kita sukai.

Selain itu yang disukai berarti kamu sudah lebih paham mengenai topik tersebut sehingga akan mudah untuk dikembangkan atau dimodifikasi.

Sebagian orang masih bertanya, Biasanya blog-blog  itu membahas tentang apa aja sih  ?

Setidaknya ada 10 topik blog terpopuler saat ini ada kuliner, gaya  hidup, gaming, internet dan teknologi, olahraga dan kesehatan serta keuangan.
meski begitu Bukan berarti topik yang tidak disebutkan bakalan sulit menghasilkan uang.

yang lain juga menarik serta dinilai bermanfaat oleh pembaca

mungkin kamu ada yang bertanya bagaimana dalam satu blog  memiliki beberapa topik ?

boleh  banget, asal  konsisten artinya yang kamu pilih tadi itu harus konsisten selalu di-update sehingga walaupun punya lebih dari satu topik pembaca tetap bisa membaca postingan tersebut secara berkelanjutan.

biasanya topik yang berbeda-beda pada blog akan dijadikan sebagai kategori.
Contoh misal dalam blog utama yang dipilih adalah Travel namun kamu juga membahas soal kuliner dan gaya hidup.
Bisa juga menggabungkan topik personal life atau cerita tentang kehidupanmu sehari-hari dengan hobi atau mungkin menggabungkan dengan masalah keuangan.
Intinya kamu bebas memilih topik yang kamu sukai berapa pun jumlahnya asalkan konsisten.

blogger yang tidak konsisten itu Contohnya misalkan kamu awalnya membangun blog soal kuliner Lalu tiba-tiba ada bahasan soal Teknologi juga kemudian ke gaming tapi itu semua nggak ada yang berkelanjutan hanya satu postingan tiap topik.

Blog seperti itu yang harus dihindari  karena hal tersebut bisa membuat pembaca bingung dan bertanya
ini blog tentang apa ?
Postingan yang tidak konsisten pada blog kamu malah membuat blog kamu tidak punya identitas.


Mungkin dengan memiliki banyak topik apalagi yang sedang trend itu bisa memperbesar peluang blog kamu  dikunjungi banyak orang.
Tetapi itu akan membuat blog mu tidak punya pembaca setia, pembaca setia sangat penting  karena sudah pasti mendatangkan traffic yang stabil dan  konsisten

Meskipun kamu boleh memilih lebih dari satu tapi tapi akan lebih baik kalau kamu bisa konsisten pada satu topik saja

Mengembangkan 1 topik akan membuat kamu menemukan Niche
menemukan pembaca blog kamu

Siapakah yang jadi target pembaca mu?
Apa yang membuat blog mu berbeda dari blog-blog lain yang memiliki topik serupa?
1 nice membantu blog mu untuk mendapatkan pengunjung dan pembaca setia traffic kunjungan blog nya lebih stabil dibanding kamu tidak memiliki nice

Kalau tidak menemukan atau membangun nice akibatnya bisa jadi blog kamu terlihat sama saja dengan blog lain yang tidak menarik di mata pembaca.

Nice inilah yang menentukan apakah konten sebuah blog itu menjual atau tidak di mata pembaca, karena itu. kamu harus cari apa yang membuat blog kamu berbeda.

Blog kamu harus punya ciri khas yang unik  hasil dari kreasimu atau dari referensi  blog lain  yang kamu cari untuk menentukan tentukan tipe nice  blog yang akan kamu bangun..
Seperti bahasan selanjutnya



Post a Comment for "Cara Menentukan Topik Blog"