Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjadi Konten Marketer Dan Kenapa Berkarir Di Konten Marketing

Cara menjadi konten marketing


 Tahun 2020 adalah tahun dimana usaha saya mulai menampakan taringnya profit yang mulai meningkat



saya tidak khawatir melihat daftar belanja istri .
Tidak memarahi anak hanya karena membeli mainan yang sama padahal yang di rumah masih bagus.



Namun apa daya di luar pengetahuan saya soal pandemi apalagi mengaitkannya dengan isu politik satria hanya seorang barberman di barbershop dc 2 satria yang tiap hari melayani costumer nya

Tetiba datang musibah pandemi covid 19
semenjak pandemi ini ada, kita seolah di paksa bergegas melakukan percepatan dan biasanya sesuatu yang cepat itu akan membunuh yang lambat dan itu sangat terasa.



Sebagai tukang cukur keadaan ini sangat memukul namun sekaligus di paksa harus menangkis dari jurang kegagalan
tidak ada pilihan selain bergerak dan maju
Yang terpukul dan bertahan pasti tumbang
Yang terpukul dan melawan dengan adaftasi kebiasaan baru yakin akan menuai kemenangan.


Paling tidak. apapun jenis usaha kita, apapun upaya kita semuanya adalah mempertahankan untuk tetap survive dan hidup

Lalu terpikirkan jenis bisnis yang punah selama pandemi belum tentu bisa kembali setelah pandemi ini berakhir
Dan kebutuhan skill baru Satria anggap sangat urgen untuk bisa melewati masa-masa pandemi ini berakhir


Ada beberapa pilihan keahlian yang menurut saya sangat penting di miliki setelah pandemi ini berakhir dan kebetulan itu sejalan dengan mereka yang antusias dalam bisnis internet marketing
Yaitu diantara nya berkarir di bidang konten marketing


Kenapa yang berhubungan dengan internet ?


Karena sekarang dan kedepannya internet sudah merupakan kebutuhan setiap orang.

Usaha yang tidak menggunakan internet marketing bisa di pastikan kalah bersaing dengan mereka yang menggunakan internet
Walaupun soal kalah dalam efisiensi waktu.


Beberapa alasan pun akan terjawab jika kamu terus membaca ulasan ini sampai akhir.



KENAPA BERKARIR DI BIDANG KONTEN MARKETING ?




1 Mengasah Creativitas



Memilih karir di bidang konten marketing akan menuntut kita untuk selalu menjadi pribadi dengan Creativitas tinggi untuk membuat konten artinya berkarir di bidang konten marketing akan mengasah Creativitas kamu.



2 Pekerjaan yang dinamis


jika sebelumnya saya ada lah pelaku bisnis tukang cukur rambut yang harus selalu standby di tempat kerja
Besar kemungkinan jika terjun berkarir di konten marketing akan menjadi pekerjaan yang sangat dinamis
Kita bisa memilih mana yang akan di prioritaskan dan waktu yang tepat menyelesaikan pekerjaan


3 Bisa mengedukasi orang lain melalui 
konten bermanfaat


Hal yang penting dalam hidup adalah berguna dan memberi manfaat bagi orang lain dengan konten marketing kamu akan bisa mewujudkan manfaat hidup itu dengan memberikan konten yang bermanfaat.


4 Meningkatkan kemampuan komunikasi dan networking dengan orang lain



Konten yang di hasilkan dengan karya yang sungguh sungguh tentu akan meningkatkan kemampuan komunikasi kamu dan akan membuat networking kamu dengan orang lain akan semakin terasah


5 Kesempatan mempelajari hal baru untuk menciptakan konten yang bermanfaat

Dalam membuat konten yang bermanfaat artinya kamu telah mendapatkan kesempatan belajar hal hal baru yang mungkin sebelumnya tidak kamu bayangkan..


Lalu diantara sejumlah alasan kita memilih karir internet marketing sudah kita ketahui dan pahami, tentu kamu mungkin bertanya ruang lingkup seperti apa yang membutuhkan kemampuan ini ?


LINGKUP KARIR KONTEN MARKETING


Kamu bisa memilih dan mengasah keahlian internet marketing kamu untuk menjadi


1 Content marketing spesialistik/content marketer


2 Content writer


3 Copy writer


4 Sosial media Specialist


5 SEO Specialist


6 Email marketing Specialist


7 Freelance writrer



Lalu apa saja jalur karir internet marketing ?


Ada beberapa tahapan yang harus di lewati secara bertahap ataupun bisa mengerjakan secara bersamaan .



Intinya jika  memang  keahlian kita mulai dari awal maka tahapan di mulai dari awal tetapi jika tahap awal ternyata kita sudah mempunyai keahlian maka mulailah dari tahap sesuai dengan keahlian kita


JALUR KARIR PEMASARAN KONTEN



1 JUNIOR


Bertanggung jawab membuat konten saja
Pada tahapan karir ini tugas kita adalah membuat konten yang menarik
Kamu bisa mulai dengan secara konsisten membuat konten agar kemampuannya semakin terasah


Biasanya fokus sama 1 platform saja misalnya hanya mengisi konten di blog atau media sosial

Untuk pemula harus ada fokus dan diantaranya menentukan membuat konten secara konsisten di satu platform

 

2 SENIOR


Bertanggung jawab memeriksa semua konten sebelum di publikasikan

Pada tahapan ini seseorang yang berkarir di konten marketing harus mempunyai kemampuan menilai sebuah konten sehingga tugasnya adalah fokus untuk memeriksa konten sebelum di publikasikan

Menganalisa kesesuaian isi  dengan tujuan pembuatan konten

Level senior akan menilai dan memeriksa  konten apakah sudah sesuai dengan tujuan atau tidak

3 MANAGER



Di atas senior ada orang yang bertugas
Membuat strategi konten marketing dengan dukungan data untuk berbagai platform


Seorang manager harus mempunyai keahlian membuat strategi konten seperti apa yang akan di buat untuk tujuan marketing maka keahliannya pun tidak hanya seputar konten atau
Tidak hanya fokus mengawasi konten tetapi juga terkait hal hal teknis seperti SEO
Yang banyak sekali faktornya untuk menunjang SEO


Menentukan target 

Seorang manager juga harus mampu menentukan target dari sebuah konten yang di buat

Bertanggung jawab mengatur Alir kerja dalam tim

Alur kerja pada sebuah tim di atur dan di arahkan sesuai goal tujuan marketing oleh manager


MEMULAI KARIR DI BIDANG KONTEN MARKETING



Seperti yang sudah katakan untuk memulai konten marketing kamu tidak perlu memulai dari dasar jika kemampuanmu sudah pada level senior namun jika kamu baru mau memulai maka fokus membuat konten adalah salah satu cara memulai karir di bidang konten marketing
Apa saja langkah dan tahapan untuk memulainya?


1 Mulai membuat konten sendiri di blog atau media sosial lain untuk berlatih sekaligus modal Porfolio



Tentu saja yang pertama kan mulai membuat konten sendiri, adapun jenis platform yang di gunakan kamu bisa memilih fokus pada satu platform bisa dengan menggunakan blog pribadi atau menggunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook


2 Siapkan CV dan porfolio

Setelah rajin membuat konten maka kamu akan mampu menyusun perkembangannya untuk melamar pekerjaan dan menyiapkan CV dan porfolio adalah salah satu bukti dan data yang dapat kamu ajukan sebagai bukti kemampuan kami


3 Pilih job yang sesuai minat dan statusnya  (full time atau freelance )

Sangat penting untuk di pertimbangkan dalam memilih pekerjaan adalah pekerjaan yang sesuai dengan minat
Pengaruhnya sangat besar terhadap kinerja dan cara mengolah kejenuhan dalam bekerja
Antusias yang tinggi adalah salah satu keuntungan memilih job yang sesuai minat sehingga hasilnya pun akan berbeda dengan pekerjaan yang di kerjakan secara asal-asalan


4 Siapkan skill yang di butuhkan

Skill yang menunjang karir  menjadi sukses adalah skill yang sesuai dengan kebutuhan karir tersebut

5 Mulai mencari pekerjaan melalui website pencarian kerja atau media sosial



Ketika semua di rasa sudah mumpuni atau kesanggupan belajar hal baru dengan tetap mempunyai skill basic di bidang tertentu maka kamu harus menjemput pekerjaan itu jangan hanya menunggu karna jelas tahun demi tahun persaingan bisnis akan semakin ketat
Apalagi musim pandemi ini memaksa semua orang untuk bergerak lebih cepat semua serba internet dan itu mempengaruhi persaingan dalam mencari pekerjaan dan berkarir di bidang konten marketing


Lalu apa saja sih kemampuan atau keterampilan yang harus kita miliki agar sesuai dengan  karir yang akan kita pilih di bidang konten marketing?



KETERAMPILAN PRAKTIS UNTUK PEMASARAN KONTEN




 Basic digital marketing



1. Memahami SEO agar konten blog masuk halaman pertama google

Katakan lah kamu sekarang memilih blog untuk membuat konten pengetahuan seputar blog pun menjadi kewajiban untuk menunjang sebuah karir kamu termasuk untuk urusan SEO. Banyak faktor yang menentukan SEO sebuah blog agar tampil pada halaman pertama


Contoh Memasukan keyword pada judul dan 100 kata pertama,menambahkan internal link pada konten atau memperhatikan struktur pada url, dan lain lain


2 Memahami algoritma media sosial agar konten mendapat impresi bagus seperti banyak likes comment dan followers
Atau misal katakan lah kamu memilih platform media sosial untuk konten kamu. Maka mengetahui algoritma media sosial  menjadi wajib untuk menunjang karir kamu.


3 Mampu menganalisa konten dan platform yang paling efektif digunakan untuk menjalin engagement dengan target konsumen


4 Kemampuan memilih konten dan memilih platform yang cocok dengan tujuan konten marketing juga sangat diperlukan

Contoh
Mencari tahu konten blog yang paling diminati adalah tips dilihat dari banyaknya pengunjung halaman
Sedangkan konten yang paling di minati di Instagram adalah kuis.


5 Creative dan critical thinking


Alasan awal memilih karir di bidang konten marketing diantaranya mengasah kreativitas dan itu tidak terlepas dari cara berpikir kita yang Creative dan critical thinking
Maka keterampilan praktis yang harus kamu miliki yaitu 

Bisa berfikir kreatif , inovatif dan out the box dalam menciptakan konten  yang menarik sesuai dengan platform yang di gunakan

Bisa berpikir kritis untuk merancang
strategi konten yang di buat, khususnya dengan berbagi platform yang tersedia

Contoh mencari tahu apakah konten kuis cocok untuk blog?


6 RESEARCH


Riset membantu menghasilkan tema konten yang menarik dan bermanfaat bagi target konsumen
Membuat konten Banyak tanpa membuat riset terlebih dahulu hanya akan lebih cepat mendatangkan kejenuhan dalam membuat konten terlebih setelah mengetahui konten itu tidak banyak di minati.

Maka penting bagi kamu menguasai bagaimana cara meriset sebuah konten untuk tujuan marketing kamu

Cara Riset konten
1 Mengenali siapa audiensnya dan apa yang menjadi masalah mereka kemudian berikan solusi lewat konten yang di buat

Contoh misalkan kamu bekerja di sebuah marketplace untuk sebuah diskon akhir tahun. segmen yang di tuju adalah ibu muda. Kamu riset kira kira konten apa yang menarik minat ibu muda setelah riset. Kamu tahu jika kebanyakan ibu muda kerepotan dalam menjalankan tugas rumah tangga akhirnya kamu buat artikel "7Peralatan yang akan meringankan pekerjaan rumah tangga"


7 WRITING DAN EDITING

Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target konsumen dan karakteristik platform yang di gunakan

Dalam konten marketing sangat penting dimana kamu membuat konten dengan cara siapa audiens target kamu
Penulisan ejaan yang baik dalam sebuah blog akan tidak terlalu berarti jika kamu membuat konten di media sosial dengan target audiens kaum remaja

Bahasa yang kaku dan formal akan segera di tinggalkan para pembaca
Berbeda dengan gaya bahasa yang pleksibel kekinian sesuai kebiasaan para remaja
Atau ucapan kesayangan dan hangat untuk ibu-ibu muda masa kini

Contoh
Menggunakan sapaan Moms jika targetnya adalah ibu-ibu
Atau menggunakan" dear" untuk perempuan muda saat menulis caption di Instagram



Memahami cara penulisan yang tepat
(Ejaan dan penggunaan tanda basa)
Dasar dari penulisan yang baik dan benar akan sangat berpengaruh pada kualitas bacaan,
walaupun kadang tidak terpakai karna target audiens yang mengharuskan kamu melanggar ejaan dan penggunaan tata bahasa
Namun kemampuan ini akan menjadi pembeda bagi kamu dengan yang lain yang tidak menguasai ejaan dan tanda bahasa


Mampu menilai dan memeriksa konten yang di buat sebelum di publikasikan


Selalu menilai dan memeriksa konten sebelum publish akan mengasah kemampuan kamu membuat konten yang menarik dan ketika sudah menjadi keahlian maka inilah yang akan menjadi keahlian atau keterampilan praktis dalan bidang konten marketing



Apa saja langkah membuat konten yang menarik ?


LANGKAH MEMBUAT KONTEN YANG MENARIK



1 Tentukan tujuan konten marketing


Menentukan  tujuan bisa membuat konten lebih efektif dan tepat sasaran
Bahasan tidak akan banyak melebar dan tidak membuang waktu


2 Mencari traffic kunjungan website atau views di YouTube

Mencari trafiic dengan membuat konten bisa dengan menambahkan keyword yang tertarget bagian dari SEO dan memahami algoritma media sosial
Dengan keyword itulah yang akan mendatangkan traffic kunjungan 


3 Memperbanyak subscriber

Membuat konten yang menarik dan bermanfaat akan menarik orang untuk mendatangkan subscribers secara organik
Bisa juga caranya dengan mencari subscribers dengan memasang iklan
udate atau mendownload aplikasi
melakukan pembelian

4 Membuat target audiens Comen  like dan share di media sosial


Membuat konten kuis atau give away dengan syarat like Comen dan share akan membuat audiens me-like, Comen dan share sesuai target tujuan konten marketing kita

5 Kenali target Audiens

Membuat konten menarik dengan cara mengenali Target audiens sehingga konten yang di hasilkan akan menyesuaikan dengan Audiens


6. Buat konten dan gaya penulisan sesuai dengan segmentasi audiens

Dari gaya penulisan pun akan menjadi pertimbangan untuk membuat konten yang menarik menyesuaikan target audiens

Mengenali audien akan mempermudah penentuan tema konten berdasarkan masalah Yang audiens miliki

7. Pilih media yang di gunakan


Ketahui media yang di gunakan untuk menyesuaikan fotmat konten dengan karakteristik media

Website/blog


YouTube


Email


Facebook


Instagram


Twitter



8. Membuat Konten

Tulis konten sesuai tema,tujuan dan brief yang di terima

Pada tahapan konten marketing  menetapkan tujuan menjadikan sebuah konten mempunyai alur yang jelas tema dan target pun akan terarah 

Perhatikan gaya penulisan dan tata bahasa
Sesuaikan target audiens dengan memperhatikan gaya penulisan  yang sesuai


Masukan keyeword yang menunjang SEO atau hastag
Kemampuan SEO akan berguna saat membuat konten di blog untuk membuat konten berada di halaman pertama google dan memasukan keyword adalah cara membuat konten yang baik atau bisa juga memasukan hastag untuk platform media sosial

Periksa kembali konten sebelum di publikasikan
Selalu cek dan ricek sebelum mempublikasikan konten maka kemampuan ini sangat penting untuk membuat konten yang menarik

Contoh
Sebuah e-commerce kecantikan bernama Beauty Nida akan mengadakan flash sale selama 4 jam yang berlangsung pada Sabtu 20 Oktober 2020 pada pukul 18:00- 22:00
Diskon yang diberikan pada flash sale tersebut mencapai70% pelanggan bisa mendapat voucher diskon tambahan senilai 25% jika berbelanja lewat aplikasi beauty nida
Informasi ini akan di publikasikan melalui post di Instagram feed
Maka konten writer harus membuat caption terkait info flash sale tersebut

TUJUAN KONTEN MARKETING

Mempromosikan even beauty happy hour yg di laksanakan hari sabtu 17oktober2020 selama empat jam (18:00-22:00)

Meminta audiens berbelanja melalui aplikasi untuk mendapat voucher tambahan

TARGET AUDIENS

Perempuan

Usia 15-35

SES ( sosial ekonomi status) A-B

Maksudnya writer di tuntut untuk menarget audiens yang mempunyai status ekonomi A dan B
Dengan daya beli tinggi

Dengan menetapkan target dan mampu merinci tema serta tujuan sebuah konten
Diharapkan kamu dapat tercerahkan dengan model karir masa depan yang patut kamu pertimbangkan.


Keahlian semacam ini akan sangat berguna mengingat setelah pandemi berakhir semua akan kembali normal namun normal disini akan menjadi normal yang baru yang semula marketing cukup dengan offline maka di normal yang baru marketing akan banyak menggunakan internet dan padatnya konten marketing di prediksi akan menjadi mahalnya untuk sebuah iklan


Jika kemampuan konten marketing yang minim bisa di bayangkan biaya besar yang keluar namun tiada hasil


Jadi ini adalah peluang untuk memilih berkarir di bidang konten marketing
Yang harus kita miliki




Post a Comment for "Cara Menjadi Konten Marketer Dan Kenapa Berkarir Di Konten Marketing"