Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENDIDIKAN

Pendidikan


Apa itu pendidikan ? 

Pendidikan ialah usaha sadar yang terencana dan sistematis dengan tujuan untuk menjadikan seorang manusia mempunyai pribadi yang tangguh dan terarah dalam hal yang positif.


Pendidikan akan terjadi jika aspek dari pendidikan itu ialah 

ada pendidik, 

peserta didik, 

dan materi ajar yang menjadi acuan pendidikan, 

tapi pada hakikatnya pendidikan itu tujuannya untuk merubah karakter atau akhlak seorang manusia, bukan hanya sekedar mentransfer ilmu.



Jika dikategorikan, tahapan pendidikan itu ialah dimulainya dari sejak manusia itu lahir, yang menjadi pusatnya ialah langsung oleh orang tuanya, dan lanjut ke tahapan- tahapan selanjutnya seiring dengan umur manusia itu, 


ada pula yang namanya pendidikan anak usia dini, dan lain sebagainya, sampai lahirlah yang namanya pendidikan yang sangat baik itu adalah pengalaman, yang dijadikan pengalaman itu sebagai pelajaran untuk kedepannya.



Di Indonesia, pendidikan itu terbagi dua, ada pendidikan 


1 Formal 

2 Non formal,


 Sebenarnya sama saja yang membedakan hanyalah terdaftar atau tidak nya di kementrian pendidikana dan kurikulumnya, masalah kualitas kembali kepada orang yang masuk ke pendidikan itu, karena tidak akan berpengaruh masalah akreditasi dan bagusnya kualitas dan kuantitas pendidikan formal atau non formal jika pribadi seorang peserta didiknya tidak melakukan usaha dan perubahan yang sungguh sungguh.



Seperti menurut Imam Az-Jarnuzi dalam kitab ta'limul muta'alim, bahwa syarat mencari dan meraih suatu ilmu itu ialah : 

1. Cerdas/tekun, 

Maksudnya ialah mempunyai akal yang sehat, karena semua manusia pada awalnya memang telah dibekali akal oleh Allah SWT.


2. Sungguh-sungguh, 

ialah berusaha keras sekuat tenaga dan sekemampuan untuk mencari ilmu, tidak malas-malasan dan terus melawan rasa malas itu.

3. Sabar,  ini sudah jelas karna cobaan dan godaan pasti ada.

4. Ada bekal, untuk menunjang kekuatan dalam mencari ilmu.

5. Ada petunjuk dari guru, dan 

6. Waktunya lama, tidak sebentar.


Bahkan seorang guru besar mengatakan bahwa keberhasilan suatu pendidikan bukan dilihat dari seberapa suksesnya dia dalam masalah harta, tetapi keberhasilan pendidikan itu jika seorang manusia setiap harinya, setiap minggunya, setiap bulannya, dan setiap tahunnya ia terus ada peningkatan dan perubahan dalam segi karakter, akhlak, dan kedewasaannya.


Sesuai dengan Hadits Rasulullah SAW bahwa : Pastilah diutusnya kami ke muka bumi ini untuk menyempurnakan akhlak manusia


dari hadis itu lahirlah kata bahwa tujuan pendidikan itu untuk mengubah mental seseorang atau ada pula bahasa atau kalimat yaitu revolusi mental.



Lutfi Saeful Miladi, M.Pd 

Post a Comment for "PENDIDIKAN"