Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FILSAFAT

Buku filsafat



Filsafat merupakan sebuah studi yang didalamnya membahas berbagai fenomena yang ada didalam kehidupan dan pemikiran seorang manusia secara kritis (berfikir jernih dan rasional) dan skeptis (memandang sesuatu selalu tidak pasti) dengan mendalami sebab-sebab terdalam, lalu dijabarkan secara teoritis dan mendasar.


Selain dari pengertian di atas dalam definisinya filsafat terbagi menjadi dua yaitu secara etimologis (bahasa) dan terminologi (istilah).


Secara etimologis istilah filsafat berasal dari bahasa Arab, ialah falsafah atau dari bahasa Yunani yaitu philosophia terdiri dari kata philien artinya cinta dan sophia yang berarti kebijaksanaan, Jadi bisa kita artikan bahwa filsafat ialah cinta akan kebijaksanaan atau love of wisdom.


Adapun secara terminologi terdapat beberapa pengertian dari filsafat itu sendiri ialah sebagai berikut:


1. Upaya spekulatif (rasional) untuk menyajikan suatu pandangan sistematik dan lengkap tentang realitas secara keseluruhan.


2. Upaya untuk melukiskan realitas akhir dan dasar secara nyata.


3. Upaya untuk menentukan batas-batas dan jangkauan pengetahuannya seperti sumbernya, hakikatnya, keabsahannya dan nilainya.


4. Penyelidikan kritis atas pengandaian - pengandaian dan pernyataan - pernyataan yang diajukan oleh berbagai bidang ilmu pengetahuan.


5. Disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu kita melihat apa yang kita katakan dan untuk mengatakan apa yang kita lihat.


Selain itu pengertian dari filsafat banyak dikemukakan oleh para ahli filsafat (filosof) seperti Cicero yang berpendapat bahwa filsafat adalah sebagai ibu dari semua seni ( the mother of all the art ) dan ia juga mendefinisikan filsafat sebagai seni kehidupan.


Menurut Aristoteles, filsafat itu adalah ilmu (pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang mana di dalamnya terkandung ilmu - ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika.


Menurut Plato, filsafat merupakan pengetahuan yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang asli.


Menurut Descrates, filsafat merupakan semua pengetahuan di mana Tuhan, alam, manusia menjadi pokok penyelidikan.


Ibnu Sina yang merupakan filosof islam mengatakan bahwa filsafat adalah pengetahuan otonom yang perlu di timba oleh manusia, sebab manusia telah di karuniai aqal oleh Allah SWT.


Apa Kegunaan Filsafat ?


Pemanfaatan atau kegunaan filsafat dalam kehidupan dapat dibagi menjadi dua macam yaitu, kegunaan secara umum dan secara khusus.


1. Kegunaan secara umum yaitu manfaat yang dapat diambil oleh orang yang mempelajari ilmu filsafat ini secara mendalam, manfaat tersebut dapat berupa memudahkan dalam menyelesaikan masalah - masalah secara kritis, ciri dari pemanfaatan filsafat secara umum ini ialah adanya ketidak terikatan oleh ruang dan waktu.


2. Kegunaan secara khusus yaitu dapat berupa pemecahan masalah secara tertentu atau spesifik dalam dimensi ruang dan waktu yang terbatas.


Dalam Islam filsafat kata lain dari filsafat ialah ilmu mantiq, yang banyak di kaji di berbagai pesantren di Indonesia seperti contoh kitab - kitabnya ialah Sulam Munawaroq, As-Syamsiyah, dan lain sebagainya, tetapi seseorang yang mendalami ilmu ini harus benar - benar matang dahulu dalam pan ilmu tauhidnya supaya tidak melenceng terhadap akidah, karena secara umum ilmu filsafat / ilmu mantiq ini arah berfikirnya kepada logika atau sesuatu yang dapat dimengerti oleh akal, bukan mengatur masalah hati atau keimanan.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "FILSAFAT"