Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Muqaddimah & Fasal 1 Rukun Islam

 Muqaddimah & Fasal 1 Rukun Islam

Kajian Rukun Islam


بسم لله الرحمن الرحيم

الحمدلله رب العالمين ، وبه نستعين على أمور الدنيا والدين ،وصلى لله وسلم على سيدنامحمد خاتم النبيين ،واله وصحبه أجمعين ، ولاحول ولا قوة إلا ب لله العلي العظيم


Bismillaahirrohmaanirrohiim . Alhamdulillaahi Robbil 'Aalamin . Wabihii Nasta'iinu 'Alaa Umuuriddunyaa Waddiini . Washollallaahu 'Alaa Sayyidinaa Muhammadin Khootamannabiyyiina Wa Aalihii Washohbihii Ajma'iina . Walaa Hawla Walaa Quwwata Illaa Billaahil'aliyyil 'Azhiim .


Dengan nama Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang . Segala puji Milik dzat Allah SWT, Tuhan seluruh alam (Yang mengurus dan mengatur seluruh alam). Dan dengannya kami mohon pertolongan atas segala urusan dunia dan agama ( Hanya Kepada Allah SWT kita patut memohon pertolongan baik dalam urusan dunia dan agama ). Dan Allah bersholawat atas junjungan kita Muhammad yang menjadi penutup para Nabi, dan atas keluarganya dan sahabatnya serta semuanya termasuk kita didalamnya selaku ummatnya. Dan tiada daya upaya (Untuk melaksanakan Taat Kepada Allah SWT) serta tidak ada kekuatan (Untuk menghindari Maksiat kepadaNya) kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi Maha Agung.


فصل) أركان الإسلام خمسة : شھادة أن لاإله إلالله وأن محمد رسول لله، وإقام الصلاة، .إيتاء الزكاة، و صوم رمضان، وحج البيت من استطاع إليه سبيلا


Arkaanul Islaami Khomsatun : Syahaadatu An Laa Ilaaha Illallaahu Wa Annna Muhammadan Rosuulullaahi , Wa Iqoomushsholaati , Wa Iitaauzzakaati , Wa Shoumu Romadhoona , Wa Hijjul Baiti Man Istathoo'a Ilaihi Sabiilan .


Fasal 1 Rukun Islam

Jumlah Rukun Islam ada 5 : 


1. Bersaksi bahwa tiada tuhan yang hak untuk kita sembah selain Allah SWT dan bersaksi bahwa Sesungguhnya Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT.

( bersaksi dengan disertai pengakuan dan penerimaan jiwa raga kita terhadap aturan Allah dan Rasulnya, serta meyakini dengan hati secara optimal bahwa Allah SWT adalah tuhan kita, dan Nabi Muhammad SAW adalah nabi dan rasul bagi kita yang diutus Allah untuk menyempurnakan akhlak dan ibadah kita ).


2. Mendirikan shalat

( Bukan melaksanakan, karena setiap mendirikan sudah pasti melaksanakan, tetapi tidak setiap melaksanakan itu mendirikan, Mendirikan Shalat berarti kita melaksanakan shalat dengan segala syarat syah dan rukunnya beserta syarat diterimanya shalat tersebut )


3. Mengeluarkan zakat

( Bagi orang - orang yang mampu dan sudah tergolong nishab mengeluarkan zakat, artinya bukan sebagai mustahiq zakat (orang yang berhak menerima zakat), jumlah mustahiq zakat ada 8, Faqir, Miskin, Amil, Gharim, Sabilillah, Ibnu sabil, Muallaf, Riqob.


4. Shaum ( Puasa ) pada bulan Ramadhan

( Hukumnya wajib 'Ain (wajib bagi setiap perorangan yang dikatakan ia sebagai seorang muslim) Shaum merupakan syariat islam yang sangat banyak manfaatnya diantara manfaat shaum ialah untuk menyehatkan badan kita, karena dengan puasa tubuh kita akan disterilkan )

Untuk lebih mengenal lebih jauh lagi tentang shaum atau puasa termasuk rukun Islam bisa di baca di Perintah puasa dan ketentuannya


5. Naik haji bagi yang mampu

( Artinya mampu untuk biaya di perjalanannya, biaya ketika ibadah haji nya, dan mampu untuk memberi biaya pada keluarga yang ditinggalkannya ).


Wallohu 'alam

Post a Comment for " Muqaddimah & Fasal 1 Rukun Islam"