Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ilmu bisnis online

 

Ilmu bisnis online



Ilmu bisnis online

Pada musim pandemi banyak sekali usaha offline yang terkena imbas  

Banyak yang mengalami kerugian bahkan ada yang sampai tahap bangkrut tidak bisa berjalan  lagi

Kemudian penomena itu malah sebaliknya terjadi di dunia online 

Usaha yang bergerak di dunia online malah semakin meningkat 

Akibat adanya pembatasan mobilitas manusia 

Transaksi jual beli mengarah semua ke marketplace para pemain musiman pun mencoba peruntungan terjun ke dunia online termasuk saya pribadi terjun di dunia blogger karena desakan ekonomi dimasa pandemi, saya sempat tulis kisahnya di artikel  pentingnya  meningkatkan skill Academy 


Kembali  ke bahasan ilmu bisnis online

Ini sipatnya wajib bagi kamu yang mau terjun kedalam dunia online



1 Siap dengan resiko


Setiap usaha mempunyai resikonya tersendiri  mau offline ataupun online 

Maka sebaiknya sebelum memutuskan terjun ke dunia online yang memulai bisnis online harus sudah siap dengan berbagai macam resiko

Bukan hanya resiko tetapi juga harus siap dan paham keuntungan kedepannya agar menjalaninya tidak setengah-setengah ,tidak asal-asalan atau hanya modal iseng  tentu itu akan merugikan modal dan waktu kamu

dengan memahami resiko dan mempelajari keuntungannya setiap resiko buruk dapat di minimalisir dengan berbagai cara yang di terapkan pada bisnis kita, karena tentu menjalaninya pasti sangat serius


2.Temukan pola alur bisnis 


Untuk pola bisnis offline yang saya jalani mempunyai standar penghasilan waktu rame dan waktu sepi 

Pola itu ternyata saya amati terjadi berulang-ulang. begitu juga dengan dunia online 

Untuk memulai bisnis online di butuh kan ilmu tentang pola alur bisnis kamu 

Temukan setiap pola yang akan kamu gunakan pada bisnis yang kamu miliki kedepannya.

Jualan kurma tentu akan ramai menjelang Ramadan saat puasa ramadhan dan hari raya Idul Fitri maka yang harus kamu pelajari adalah metode pemasaran hingga hal-hal kecil lainnya menyangkut produk kurma 


Jika kamu tekun belajar maka pola itu akan di temukan Kamu bisa jualan online di Facebook WhatsApp website Instagram dll 

Ada begitu banyak media atau platfom

yang tersedia saat ini. Riset satu persatu dan temukan media yang paling pas untuk media bisnis kamu.

Jika kamu sudah menemukan pola yang bagus buat kamu misal kan kamu lebih terkenal dengan FB karna kamu mengelola sebuah group tentang buah buahan dan makanan 

Di jamin apapun bisnis yang di jalankan  akan laris manis jika kolamnya sudah kamu temukan 

dan pola nya sudah kamu pahami


3. Traffic


Setelah menguasai pola  waktu kapan dan tempat mana yang menjadi target marketing kamu 

pebisnis online juga harus menguasai trafic. 

Apa maksud trafic disini?

Traffic disini berbicara tentang seberapa banyak orang yang mengunjungi atau datang pada website atau lapak jualan kamu

Banyak cara untuk mendatangkan pengunjung dan itu harus kamu pikirkan.

 Bagaimana caranya orang mau beramai ramai mengunjungi website kamu sehingga trafic nya naik

Makin tinggi 


Ada beberapa Acuan untuk bisa mendapatkan traffic


A. Organik trafic 

Lalu lintas pengunjung yang menemukan website kamu atau toko online kamu dengan cara alami  hasil pencarian di google secara organik bukan melalui tautan paid atau berbayar



B. Paid trafic


Trafiic yang kamu peroleh dari cara kamu membayar pihak ketiga untuk mendatang kan trafic ke website kamu atau lebih simple nya   iklan berbayar 

C. Direct trafic


Pelanggan atau user yang sengaja mengetikan alamat website kamu di pencarian google 

Tentu ini salah satu dari kuatnya brand atau pelanggan yang  tahu dari kalangan komunitas kamu atau group kamu atau juga bisa dari yang lain


4. Conversation


Kemampuan bicara sebagai costumer servis sangat di butuhkan dalam dunia online karna kemampuan conversation

Ini membahas seberapa banyak pengunjung  atau calon pelanggan trafic/ visitor / lead /prospek yang datang pada website atau toko online anda

Jika saja terjadi kerancuan informasi yang di berikan tentang bisnis anda besar kemungkinan pelanggan mengurungkan untuk berbelanja 

Berbahasa sopan dan ramah dalam percakapan pada akhirnya  konsumen akan memutuskan untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Membangun kepercayaan klien  sangatlah penting.maka dari itu di butuhkan sebuah percakapan yang jelas juga menarik baik secara langsung maupun online begitu seterusnya


5.Relationship / kerjasama


Kerjasama di sini berarti seberapa pandai kamu menjaga hubungan dengan klien atau pelanggan  anda  

Baik calon pembeli / prospek maupun pembeli / buyer 

Hal ini nampak sederhana dan sepele namun pada kenyataan di lapangan ini yang sering dilupakan oleh seorang bussines owners


Sehingga hit and run pun terjadi  owner menganggap jika sudah closing terjadi transaksi maka sudah selesai

padahal tidak demikian.

Yang harus kamu lakukan lebih dari sekedar closing

Kamu harus mammpu membangun hubungan jangka panjang dengan mereka agar kedepannya  kembali kepada kamu untuk melakukan transaksi dan jadilah pelanggan yang loyal 


Hubungan jangka panjang ini bertujuann agar mereka repeat order (order berkali-kali ) Karena bukan hanya soal kualitas barang atau jasa melainkan terbinanya suatu kepercayaan

up sel ( belanja lebih banyak) biasnya mereka pun tak segan segan untuk  memesan lagi dan lagi.

Terakhir tujuannya adalah  referal 

Suatu keuntungan bagi kamu yang mampu menjalani hubungan jangka panjang dengan pelanggan yaitu bonus referal mereka akan secara suka rela dan senang hati 

Merekomendasikan  produk maupun jasa kamu kepada orang lain.



Semoga bermanfaat 

Share untuk manfaat yang lebih luas 


Post a Comment for " Ilmu bisnis online"