Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Ketika dan Sesudah Membaca Al-Qur'an

 
Al-Qur'an adalah kitab suci pedoman jalan hidup umat islam 
Di dalamnya berisikan tuntutan hukum untuk menjalankan syariat islam.
 
Kesuciannya tercermin dari kesakralan  memegang dan membacanya harus suci terlebih dahulu dari hadast kecil dan hadast besar bagi yang berhadast di haramkan sebelum mereka mensucikan diri terlebih dahulu baik dengan wudhu untuk hadast kecil
Dan mandi junub untuk hadast besar seperti yang telah di uraikan di artikel Tata cara mandi junub.

Sebagai umat muslim kita harus mempelajari dan mempraktekan apa yang terkandung di dalamnya sebagai bentuk ketaatan kita kepada alloh swt. 
Membaca adalah salah satu bentuk ketaatan namun demikian membaca Al-Qur'an juga harus di sertai dengan adab dan tatakrama. Tak lupa kita berdoa memohon kepada Alloh agar di bukakan pemahaman tentang isi dari kitab suci ini.
Seyogyanya ketika memulai membaca Al-Qur'an kita membaca doa ini

Doa ketika mau membaca al Qur'an

 
اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ
 

Doa ketika mau membaca Al Qur'an latin

Alloohummaftah 'Alayya Hikmataka Wansyur 'Alayya Roma Taka Wa Dzakkirnii Maanasiitu Yaa Dzal Jalaali Wal Ikroomi
 

Arti doa ketika mau membaca Al-Qur'an

Ya Allah bukakanlah Hikmah Mu padaku, bentangkan lah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Dan setelah membaca kita juga harus membaca doa bermunajat agar al-Quran ini benar-benar menjadi petunjuk dan imam kita 
Di kalangan para santri doa ini sudah tidak asing lagi karena setiap selesai pengajian tadarusan Al-Qur'an atau pengajian tajwid al Qur'an serentak para murid mengakhiri pengajian dengan membaca doa ini.
Satria hanya menyajikan kembali sebagai pengingat kepada diri sendiri dan kepada kalian yang mungkin lupa akan doa ini

Doa Setelah Membaca Al-Qur'an

 
اَللهُمَّ ارْحَمْنِىْ بِالْقُرْآنِ. وَاجْعَلْهُ لِىْ اِمَامًا وَنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً. اَللهُمَّ ذَكِّرْنِىْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِىْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ. وَارْزُقْنِىْ تِلاَ وَتَه آنَآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارٍ. وَاجْعَلْهُ لِىْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ.

 Doa setelah membaca Al Qur'an latin

Allaahummarhamnii Bil Qur'aani. Waj'Alhu Lii Imaaman Wa Nuuran Wa Hudan Wa Rohmah.
 Allaahumma Dzakkirnii Minhu Maa Nasiitu Wa 'Allimnii Minhu Maa Jahiltu. Warzuqnii Tilaa Watahu Aanaa-Al Laili Wa Athroofan Nahaar. Waj'Alhu Lii Hujjatan Yaa Rabbal 'Aalamiin

 
Arti Doa setelah membaca Al Qur'an .

Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku ikutan cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkan lah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugrahkan lah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam.

Sekian semoga bermanfaat..

Post a Comment for "Doa Ketika dan Sesudah Membaca Al-Qur'an"